Post Terbaru
Loading...

Rabu, 27 Januari 2016

Pedoman Dasar Belajar Pemrograman, Ala Dek Nuha!!

in Artikel
Artikel ini ane buat soalnya banyak dari kawan-kawan ane, baik yang di dunia nyata maupun di dunia maya (..hehe) yang masih bingung mau mulai belajar pemrograman dari mana..

codingae
"Banyak Jalan Menuju Roma"
Quote tersebut mungkin bisa menjadi pedoman awal bagi kawan-kawan untuk mulai melangkah belajar pemrograman, seperti kalau ane dari surabaya mau ke Roma, ane bisa lewat jalur laut, udara maupun darat, ini sama halnya saat kita mau belajar pemrograman, banyak cara yang bisa kita tempuh untuk belajar pemrograman.

Yang terpenting tidak ada cara instan untuk menjadi seorang master programmer tanpa adanya usaha yang kuat, ndak ada ceritanya hari ini kita ingin jadi master programmer terus pergi jalan-jalan ke musium laba-laba, terus di gigit laba besoknya bisa jadi master proggraming, itu mustahil....hehe,
jadi..kalau kita ingin sesuatu maka harus di imbangi dengan usaha untuk mencapainya.

Artikel ini ane tujukan buat kawan-kawan yang lagi baru belajar, baru mau belajar, ataupun sedang akan belajar pemrograman, bukan buat para suhu yang udah mahir, kan ndak mungkin juga ane ngajari burung buat terbang..hehe

Apapun yang ane sampaikan disini sifatnya relative, karena pedoman awal kita, banyak jalan menuju roma yang bisa kita artikan juga banyak jalan untuk belajar pemrograman.

Berikut pedoman dasar yang bisa anda jadikan untuk memulai belajar pemrograman

1. Niat
niat

Menurut ane sendiri, niat itu hal terpenting dalam melakukan apapun, kalau islam ada hadist yang mengatakan "Segala sesuatu itu dengan niat". jadi Insyallah dengan niat yang kuat dan tekat yang kuat semua akan diberikan kelancaran oleh-Nya.

2. Kenali Dulu Apa itu Pemrograman

Layaknya mau kenalan sama cewek (bagi reader cowok), atau kenalan sama cowok (bagi reader cewek) pasti kawan-kawan awal kenalan pasti nanya-nanya soal do'i, namanya siapa?, tinggalnya dimana?, sekolah dimana?, bla..bla..... semakin banyak informasi yang bisa digali pastinya akan semakin mudah buat dapetinnya kan..hehe

programming

Belajar pemrograman pun sama, kita harus kenal dulu apa sih pemrograman itu?, gunanya apaan belajar pemrograman?, seperti apa sih wujudnya pemrograman itu?, dengan menggali semua informasi yang ada, pastinya anda akan lebih mudah dan tau arah tujuan anda belajar pemrograman itu akan mulai dari mana.

3. Pilih Bahasa Pemrograman

Setelah kawan-kawan sudah menggali informasi mengenai apa itu programming, saran ane sih pilih dulu bahasa pemrograman yang kira-kira cocok atau pengen di pelajari.

bahasa

Tapi saran ane sih untuk pertama kali belajar mending belajar bahasa C, C++, C#, karena bahasa pemrograman ini sangat mudah untuk dipahami, dan mayoritas di dunia pendidikan baik di SMK, Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri khususnya di Indonesia, untuk memberikan dasaran pengenalan ilmu programming biasanya lebih memilih mengenalkan bahasa tersebut.

4. Action

Setelah kawan-kawan sudah mantap dengan bahasa pemrograman yang akan dipelajari, sekarang waktunya beraksi. Ane sarankan untuk memulai belajar alangkah baiknya kalau kawan-kawan juga mempunyai target dalam belajar, misal belajar sehari 1 jam atau 2 jam yang penting rutin.

action

Untuk metode pembelajaran dari masing-masing orang pastilah beda, ada yang belajarnya harus sendiri yang silakan, ada yang belajarnya pengen dengan diskusi ya silakan, ada yang belajarnya dengan ikut kursus, macam-macam lah metode pembelajarnya itu bisa disesuaikan dengan passion.

Satu hal yang terpenting adalah, materi bahasa pemrogramanan apapun itu mudah nyari referensinya, mau beli buku bekas maupun baru ada, mau nyari online yang gratisan ada, tutorial premium seperti belajarkoding.net yang menyediakan tutorial yang terstruktur dan mudah dipahami pun ada semua.

5. Buat Aplikasi Sederhana

Setiap kali selesai mempelajari materi, usahakan untuk membuat aplikasi-aplikasi sederhana, seperti buat kalkulator, buat penyeleksian bilangan prima, bilangan ganjil, genap atau apapun lah, yang penting sesuai dengan materi yang anda pelajari saat itu. Bahasa kerennya, learning by doing and practicing.

Jadi, ibarat kita belajar, kita mempunyai dokumentasi hasil pembelajaran kita tiap-tiap materi yang telah kita pelajari, itupun akan melatih kawan-kawan untuk selalu ber-eksperimen, mengekploitasi tiap materi yang telah kawan-kawan pelajari.

6. Jangan Mudah Puas

Kelemahan sebagian orang yang baru belajar programing dan bisa membuat aplikasi, sedikit banyak dari mereka cepat puas dan terlena untuk beberap saat (kayak ane gini lah gan..hehe), padahal yang lebih dari kita itu diluaran sana itu sangat banyak.

puas

So..jangan terlalu cepat berpuas diri dalam belajar pemrograman, karena pemrograman itu sangat luas untuk di arungi seperti luasnya lautan di dunia ini yang mencapai lebih dari 70% dari luasnya dunia ini..(cie...luas banget...lebay ya haha).

7. Join Grup Medsos ataupun Forum Pemrograman

Dengan gabung di grup ataupun forum pemrograman sebenarnya banyak yang bisa kita dapat, diantaranya
  • Update informasi seputar pemrograman
  • Bisa ikut nimbrung diskusi masalah pemrograman, baik diskusi masalah problem solving, ataupun lainnya.
  • Terkadang ada member yang baik hati share project nya ke grup atau forum tertentu, disitu kita bisa belajar dari project yang sudah ada.
  • Dan masih banyak lainnya...
Yang terpenting saat anda sudah masuk di sebuah grup atau forum, prinsipnya jangan malu bertanya supaya ndak tersesat dijalan nantinya..hehe, kalaupun ada kawan yang butuh problem solving dan anda tau solusinya, ya langsung di share aja, karena didalam satu kebaikan pasti ada kebaikan-kebaikan yang akan mengikuti.

8. Belajar Ngoprek

Pemrograman itu cakupannya sangat luas, bahasa pemrograman pun sangat beragam, dan setiap bahasa pemrograman penulisan tiap programmer nya kadang berbeda-beda kecuali yang sudah menggunakan framework.

Dengan cara penulisan yang berbeda ini lah kita bisa belajar untuk mengeksplor setiap bahasa pemrograman, dengan belajar ngoprek project-project yang bertebaran di dunia maya, baik yang gratis (kayak source code dari blog codingae ini) atau mau nyari yang berbayar juga banyak, dengan cara ini ane yakin skill kawan-kawan pun akan semakin ter-asah.

9. Ikut Kompetisi

Kompetisi akan mengenalkan kawan-kawan pada dunia programming yang lebih luas lagi, disana anda akan bertemu langsung dengan kawan-kawan yang memiliki satu pemikiran yang sama, disini merupakan era kita untuk mulai bisa membangun koneksi.

Tidak jarang loh banyak master-master programing yang ikutan datang untuk meramaikan khasanah peng-codingan di Indonesia ini, contohnya master Nuris Akbar (CEO belajarphp.net) yang ikutan Hackthon 3.0 Bandung.

nuris akbar

Dengan ikut berkompetisi pun kita akan melatih diri kita untuk bisa bersaing dengan programer-programer lain, dan juga melatih berkarya didalam tekanan.

Mungkin itu yang bisa ane bagikan buat kawan-kawan codingae, semoga bisa membantu kawan-kawan yang lagi baru belajar, baru mau belajar, ataupun sedang akan belajar pemrograman.

Referensi:
  • https://www.youtube.com/watch?v=ZfnpUHCGWBQ
  • http://membumikan-pendidikan.blogspot.com/2014/12/kebenaran-itikad-niat-dalam-pendidikan.html
  • http://www.codepolitan.com/cara-enjoy-memulai-belajar-pemrograman/
  • http://id.wikihow.com/Memulai-Belajar-Pemrograman-Komputer
  • http://photo.sindonews.com/view/15029/telkom-dukung-penuh-ajang-hackathon-merdeka-2-0
  • http://indonesiaone.org
  • https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1182912215059067&set=pb.100000209008403.-2207520000.1453828677.&type=3&theater

#HAPPYCODING #OPENSOURCEINMYLIFE

Silakan komen dengan memperhatikan aturan berikut
1. Komen relevan, sesuai dengan apa yang dibahas
2. Komen tidak mengandung unsur SARA
3. Mau promo apapun silakan yang penting perhatikan poin 1 dan 2
4. Perhatikan poin 1-3 aja
5. Poin 5 hanya buat iseng aja kok hehehe

#HAPPYCODING