Post Terbaru
Loading...

Kamis, 03 Desember 2015

Software Pembuat Aplikasi Android

in Android
Software untuk membuat aplikasi android sebenarnya sudah banyak, bahkan terkadang ada beberapa software yang memberikan kemudahan semudah-mudah, secepat-cepatnya bahkan tanpa ilmu bahasa pemrograman pun kita bisa membuat aplikasinya, seperti : Como App Maker, Android App Maker, iBuildApp.
b4a
Tapi kali ini kita tidak akan membahas software-software pembuatan apk yang instan tersebut, kita akan menggunakan B4a (Basic for Android), B4a mencakup semua fitur yang dibutuhkan untuk cepat mengembangkan jenis Android app.

B4A digunakan oleh puluhan ribu pengembang dari seluruh dunia, termasuk perusahaan seperti NASA, HP, IBM dan lain-lain. Bersama dengan B4i Anda sekarang dapat dengan mudah mengembangkan aplikasi untuk kedua Android dan iOS.

B4A bisa dijalankan dengan 2 (dua) mode, saat kita membuat sebuah apk bisa dijalankan atau di test langsung dengan android yang kita punya pastinya dengan bluetooth atau wireless sebagai perantaranya (lihat selengkapnya).

Atau bisa juga dengan cara menambahkan emulator yang nantinya dihubungkan langsung dengan B4A.

B4A hampir mirip dengan visual basic, script-nya pun sangat mudah dipahami apabila kita juga sudah familiar atau pun pernah belajar menggunakan bahasa pemrograman desktop seperti Visual Basic.

Disitus resminya B4A juga memiliki forum diskusinya, sehingga kita bisa sharing masalah kita saat belajar membuat apk dengan menggunakan B4A.

Kebutuhan untuk menginstall B4A

  1. NET Framework
  2. NET Framework merupakan kerangka kerja (framework) pengembangan yang menyediakan fungsi-fungsi untuk layanan Windows dan API (Application Programming Interface). NET Framework yang dibutuhkan minimal 2.0 (tergantung versi B4A yang digunakan). Berikut merupakan daftar NET Framework bawaan Sistem Operasi Windows
    tabel Net Framework
     
  3. Java Development Kit (JDK)
  4. JDK merupakan kumpulan class-class API Java yang digunakan untuk melakukan proses development aplikasi.
  5. Android Software Development Kit (SDK)
  6. Android SDK hampir sama dengan JDK yang membedakan keduanya adalah class-class yang digunakan untuk pengembangan terbatas dilingkungan platform Android
  7. Emulator
  8. Emulator adalah sebuah mesin virtual yang digunakan untuk menguji aplikasi yang sedang dibangun dan seakan-akan aplikasi tersebut dijalankan pada alat (device) yang nyata. Untuk emulator ada 2 jenis yaitu :
    • Emulator yang bundling dengan Android SDK yaitu AVD (Android Virtual Device)
    • Emulator tersendiri semisal Genymotion, Bluestack, Youwave dan lain-lain.
Untuk cara penginstalasiannya bisa sangat mudah, bisa anda lihat tutorialnya DISINI (link dalam proses).

Silakan komen dengan memperhatikan aturan berikut
1. Komen relevan, sesuai dengan apa yang dibahas
2. Komen tidak mengandung unsur SARA
3. Mau promo apapun silakan yang penting perhatikan poin 1 dan 2
4. Perhatikan poin 1-3 aja
5. Poin 5 hanya buat iseng aja kok hehehe

#HAPPYCODING