Post Terbaru
Loading...

Jumat, 04 Desember 2015

Tutorial Cara Install B4A (Basic for Android)

in Android
Sebelum kita melakukan instalasi B4A, kita harus tau apa saja kebutuhan yang dibutuhkan untuk penginstallan Basic for Android (lihat selengkapnya). Berikut selengkapnya langkat-langkah untuk penginstallan B4A.

Pertama, pastikan versi .NET Framework anda sesuai dan telah ter-install pada PC anda (tabel .NET Framework).

Kedua, install Java Development Kit (JDK), bagi yang belum punya bisa download DISINI dan JDK yang anda download kompatible dengan OS yang anda gunakan (x86 atau x64).

Berikut cara penginstallan JDK:
  • Langkah pertama silakan anda klik 2x master JDK yang telah anda download tadi, lalu pilih next
JDK
  •  Lalu pilih Development Tools, kemudian pilih next kembali, seperti berikut
JDK
  •  Tunggu proses installasi, apabila disuruh mencari destination folder, pilih saja next, tunggu sampai selesai installasi, setelah semuanya proses selesai maka akan tampil tampilan seperti berikut:
JDK
  • Pilih close, pada tahap ini anda sudah berhasil menginstall JDK

Ketiga, langkah selanjutnya kita akan menginstall android SDK, untuk masternya bisa di download DISINI, pilih sesuai platform yang anda gunakan, kalau penulis sendiri menggunakan platform windows dengan package "installer_r24.4.1-windows.exe".

Setelah anda selesai mendownload file master SDK nya, berikut cara installasinya:
  •  Buka file master SDK nya, lalu klik next, next, next, saat anda disuruh memilih users (choose users), pilih yang "Install for anyone using this computer".
SDK
  • Kemudian pilih next, next, lalu pilih install
SDK
  •  Setelah selesai proses instalasinya, langsung jalankan SDK nya
SDK

Keempat, setelah android SDK nya berhasil anda instal, maka emulator Android Virtual Device otomatis juga akan terinstall, aga emulator bisa berjalan dengan baik maka kita diharuskan untuk menginstall API milik android secara online.

Berikut langkah penginstalannya:
  • Jalankan file SDK Manager.exe yang berada di C:\Android\android-sdk.
  • Selanjutnya centang kode API yang ingin anda install, penulis menggunakan android versi 4.4.2, lalu pilih install package seperti dibawah ini:
API android
  • Setelah memiliki API Android, maka selanjutnya kita buat Emulator Android versi tertentu yang nantinya akan dijalankan pada Android Virtual Device.
  • Jalankan file AVD Manager.exe yang berada di C:\Android\android-sdk.
  • Klik Create pada bagian kanan, Kemudian isikan spesifikasi seperti gambar dibawah ini. Jika sudah, klik tombol OK (untuk spesifikasinya bisa menyesuaikan keinginan dan API Plugin yang telah di Install).
API android 

Kelima, setelah .NET Framework, JDK, SDK dan juga AVD telah berhasil kita install, terakhir kita akan menginstall B4A nya, namun terlebih dahulu anda harus download masternya DISINI.

Untuk masternya itu adalah asli dari situsnya, sehingga aplikasinya mungkin masih trial, kalau kawan-kawan ingin yang full version bisa download DISINI (link dalam perbaikan).

Setelah kawan-kawan punya master untuk B4A nya, berikut cara untuk installnya
  • Klik 2x master yang telah kawan-kawan download, lalu ikuti perintah instalasi, cukup mudah kok, tinggal next, next aja, setelah proses instalasi selesai
finish install
  • Setelah B4A berhasil di install, sekarang kita mulai konfigurasi lokasi javac.exe dan juga android.jar yang mana sudah kita install sebelumnya.
  • Fungsi dari pengkonfigurasian ini adalah agar program yang kita buat nantinya bisa di compile oleh B4A dengan lancar masbro.... :)
tools-configurasi
  • Berikut langkahnya untuk mengkonfigurasi, buka B4A yang telah kita install tadi pilih menu bar "Tools – Configure Paths"
konfigurasi b4a
  • Untuk path dari javc.exe dan android.jar bisa anda lihat pada screenshot diatas.

Kalau anda sudah sampai pada tahap akhir ini, berarti anda sudah berhasil menginstall B4A dan kawan-kawan sudah siap untuk membuat aplikasi android sesuai keinginan anda



2 komentar

insyaallah work gan..udah banyak yang berhasil kok

Silakan komen dengan memperhatikan aturan berikut
1. Komen relevan, sesuai dengan apa yang dibahas
2. Komen tidak mengandung unsur SARA
3. Mau promo apapun silakan yang penting perhatikan poin 1 dan 2
4. Perhatikan poin 1-3 aja
5. Poin 5 hanya buat iseng aja kok hehehe

#HAPPYCODING