Post Terbaru
Loading...

Minggu, 20 Maret 2016

Cara Mengubah Host XAMPP (localhost) - Windows & Linux

in Tutorial PHP
Bagi kawan-kawan yang bergelut dengan yang namanya pemrograman web, pastinya tidak akan pernah lepas dari yang namanya mengakses url dengan awalan "localhost"

Nah..untuk kali ini saya akan berbagi sedikit trik untuk mengubah host default web server kita yang awalnya "localhost" diganti dengan nama host kesukaan kawan-kawan. Berikut selengkapnya triknya:

Pertama, saya akan bahas untuk yang OS Windows Dulu, disini saya menggunakan windows 7 (bajakan..hehe), dan untuk web server saya menggunakan XAMPP.

Oke..kita mulai...
Silakan buka notepad dulu, tapi inget ya..kawan-kawan bukanya harus sebagai administrator, caranya klik start - cari aplikasi notepadnya - klik kanan - Run Administrator


 Sekarang bukan file host nya, caranya pilih File - Open (ctrl + O)


Perhatikan bagian yang sudah saya berikan tanda kotak merah, silakan anda pilih file dengan nama hosts yang ada di folder directory "Windows - System32 - drivers - etc"

Setelah anda buka maka akan muncul text seperti berikut:


Gambar diatas merupakan file default dari host nya, sekarang kita ganti default file host nya dengan nama host kesukaan kita


Gambar diatas merupakan file yang sudah saya ganti dengan nama host yang sesuai dengan kesukaan saya, bisa dilihat pada kotak merah kecil tersebut
untuk tulisan codingae.xyz, bisa anda ganti sesuai dengan keinginan anda.
Sekarang waktunya untuk test apakah berhasil atau tidak, pertama nyalakan xampp anda dulu, kemudian akses web server anda dengan host yang sudah anda buat tadi


Bisa dilihat di address bar nya, host yang awalnya hanya bisa di akses pada host localhost, sekarang bisa kita dengan host kesukaan kita.

Kedua, ini khusus untuk yang pakek linux, disini saya menggunakan linux Backbox, dan web server nya menggunakan XAMPP, untuk yang linux, saya tidak akan banyak bicara, karena saya sudah buatkan videonya, silakan di nikmati video nya saja ya...hehe


Sekian dulu untuk triknya, semoga bisa membantu kawan-kawan..

#HAPPYCODING
#OPENSOURCEINMYLIVE

Silakan komen dengan memperhatikan aturan berikut
1. Komen relevan, sesuai dengan apa yang dibahas
2. Komen tidak mengandung unsur SARA
3. Mau promo apapun silakan yang penting perhatikan poin 1 dan 2
4. Perhatikan poin 1-3 aja
5. Poin 5 hanya buat iseng aja kok hehehe

#HAPPYCODING