Post Terbaru
Loading...

Selasa, 26 April 2016

Instalasi Laravel (Dengan Composer / Tanpa Composer) - Seri 1

in Laravel
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi sedikit cara untuk install laravel, baik menggunakan composer ataupun tidak menggunakan composer.

Kalau yang belum ngerti composer merupakan dependency manager untuk PHP, jadi package-package yang ada ini tidak hanya untuk laravel saja tapi selain laravel pun bisa menggunakannya. package yang tersedia seperti authentifikasi, validasi, ngirim email dll. Untuk melihat list package nya anda bisa lihat di https://packagist.org/

laravel

Siapkan beberapa alat berikut:
  1. Web Server (Apache Web Server, Nginx dll)
  2. Database (Mysql, MariaDB, Mongodb, Oracle, dll)
    nb: bagi yang ndak pingin ribet nyiapin nomer 1 dan 2, bisa langsung install Wampp/Xampp atau sejenisnya yang sudah support apache web service dan juga database MySql.
  3. Text Editor (Sublime Text, Netbeans, Notepad++, Atom, dll)
  4. Browser (Mozilla, Chrome, Opera, Maxthon, dll)
  5. Composer *
  6. Koneksi Internet, kalau kawan-kawan menggunakan composer untuk instalasi laravelnya, kawan-kawan wajib mempunyai koneksi karena installasi laravel menggunakan composer akan langsung men-download master laravel dari situs resmi laravel.
*Instalasi Composer

- untuk windows bisa langsung download file di -> https://getcomposer.org/Composer-Setup.exe dan bisa langsung di install.

- untuk linux / mac bisa ketikkan perintah berikut didalam terminal

php -r "copy('https://getcomposer.org/installer', 'composer-setup.php');"
php -r "if (hash_file('SHA384', 'composer-setup.php') === '92102166af5abdb03f49ce52a40591073a7b859a86e8ff13338cf7db58a19f7844fbc0bb79b2773bf30791e935dbd938') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;"
php composer-setup.php
Baris pertama, fungsinya untuk men-download file installer composer-setup.php
Baris kedua, fungsinya untuk memverifikasi file yang sudah anda download
Baris ketiga, fungsinya untuk menjalan file composer-setup.php untuk di install

composer.phar
composer.phar

Setelah kita sudah berhasil mendownload dan menginstall file nya, sekarang kita pindahkan dulu file composer.phar nya ke folder global, supaya kita saat menjalankannya dimanapun kita mengaksesnya, caranya cukup mudah ketikkan perintah berikut ke terminal "sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer"

Apabila kawan-kawan sudah selesai memindahkan file composer.phar ke folder global, sekarang silakan anda cek di terminal (linux/mac) / cmd (win) dengan mengetikkan perintah "composer", kalau proses instalasi composer berhasil, kawan-kawan akan menemukan tampilan terminal/cmd anda seperti berikut:

composer

Sekarang kita mulai install laravelnya untuk yang pertama kita akan install laravelnya Via Composer

Silakan kawan-kawan buka terminal / cmd nya, pastikan kawan-kawan masuk kedalam folder htdocs sebelum melakukan instalasi laravelnya. seperti berikut:

htdocs

lalu ketikkan perintah berikut:

'
'
composer create-project laravel/laravel laravelcoba
Keterangan:
- composer (penggunaan tools composer)
- create-project (perintah untuk membuat project baru)
- laravel/laravel (mengambil package laravel lewat packagist.org)
- laravelcoba (nama file nya)*.
  * untuk nama file nya bisa diganti sesuai keinginan

create
create

Setelah selesai create project laravel, silakan cek di folder htdocs anda pasti sudah ada folder baru dengan nama laravelcoba (sesuai dengan penamaan saat create project).

Sebelum mengaksesnya jangan lupa untuk mengganti file permission dari folder storage yang ada didalam folder project yang baru saja anda buat, karena biasanya di folder storage pertama kali dibuat file permission nya adalah write only, sehingga kita tidak akan bisa mengaksesnya di browser, sekarang kita ubah menjadi read-write, berikut caranya:

Silakan buka terminalnya, masuk ke folder project yang sudah kawan-kawan buat barusan, lalu ketikkan "chmod -R o+w storage"

permission
permission

Sekarang buka browsernya, nyalakan XAMPP/WAMPP nya, ketikkan "localhost/namafile/public" di address bar browser favorit kawan-kawan, dan kalau kawan-kawan mengikuti dari awal sampai akhir, maka kawan-kawan akan menemukan halaman laravel seperti berikut:

berhasil install

Dan selamat anda sudah berhasil menginstall laravel pastinya dengan versi terbarunya.

Install tanpa Composer
Ini alternatif lain kalau kawan-kawan tidak mau ribet menggunakan composer, silakan aja langsung download file master laravel nya lewat github, ini alamatnya https://github.com/laravel/laravel, disitu kawan-kawan langsung download file zip nya, kemudian di ekstrak di folder htdocs kawan-kawan.

git

Referensi
- https://laravel.com/docs/
- http://seputarpemrograman.com/belajar-install-framework-laravel-dengan-composer-maupun-tanpa-composer.html

Semoga sedikit tutorial ini, bisa bermanfaat bagi kawan-kawan yang lagi membutuhkan tutorial instalasi laravel..

UPDATE : 21 Mei 2016

Silakan komen dengan memperhatikan aturan berikut
1. Komen relevan, sesuai dengan apa yang dibahas
2. Komen tidak mengandung unsur SARA
3. Mau promo apapun silakan yang penting perhatikan poin 1 dan 2
4. Perhatikan poin 1-3 aja
5. Poin 5 hanya buat iseng aja kok hehehe

#HAPPYCODING