Post Terbaru
Loading...

Jumat, 15 April 2016

Kupas Tuntas Perbedaan Mysql dan Mysqli

in Artikel
Bagi kawan-kawan yang baru belajar PHP, mungkin akan sedikit bingung masalah Mysql dan Mysqli kalau tidak update perkembangan teknologi yang ada, contohnya ya kayak saya ini..hehe

mysql dan mysqli

Jadi, terhitung sejak juni 2013 setelah di rilisnya PHP 5.5, extensi mysql sudah tidak disarankan lagi penggunaannya dan berstatus deprecated, ini artinya kemungkinan besar akan dihapus pada PHP versi berikutnya. Kita lebih disarankan untuk beralih ke mysqli atau PDO.

Sekarang mari kita bahas apa itu Mysqli, Mysqli adalah kependekan dari MySQL Improved Extension. dari namanya sudah bisa kita artikan bahwasannya extension ini merupakan versi perbaikan dan penambahan dari extension mysql sebelumnya yang umum digunakan. Extensi mysqli sendiri sudah mendukung fitur-fitur terbaru dari MySQL Server versi 4.1 keatas.

Secara umum nama-nama fungsi di mysqli tidak begitu banyak berubah, dan hampir mirip semua dengan fungsi umum mysql (versi lamanya). semisal :

untuk membuat koneksi

.
. mysql_connect() //mysql mysqli_connect() //mysqli
untuk query

.
. mysql_query("SELECT * FROM tabel", $link) //mysql mysqli_query($link, "SELECT * FROM tabel") //mysqli
Kalau secara penulisan tidak begitu beda secara signifikan, tapi yang paling menonjol dalam mysqli disini adalah mysqli mendukung 2 cara penulisan, yaitu prosedural dan OOP (Object Oriented Programming)

prosedural dan OOP

Mungkin kalau prosedural di mysql pun sangat sering lakukan, nah dengan adanya mysqli coding kita untuk OOP akan menjadi lebih mudah, bagi yang masih bingung OOP itu kayak gimana, ini saya kasih contoh penggunaan dasarnya kalau di mysqli

.
. mysqli_query(); //Procedural $mysqli->query(); //OOP
Jadi, intinya perbedaan Mysql dan Mysqli secara umum dalam hal penulisan tidak begitu signifikan, yang membedakan adalah penambahan penulisan "i" dibelakang fungsi dan untuk cara penulisannya sudah support 2 cara penulisan, yaitu prosedural dan juga OOP, untuk cara penulisannya.

Mungkin itu dulu sedikit ulasan mengenai Mysql dan Mysqli semoga ada manfaatnya, dan kalau mungkin ada yang kurang tepat dalam pembahasan saya bisa langsung komen dibawah ini ya bro... :)

#HAPPYCODING
#OPENSOURCEINMYLIFE

Silakan komen dengan memperhatikan aturan berikut
1. Komen relevan, sesuai dengan apa yang dibahas
2. Komen tidak mengandung unsur SARA
3. Mau promo apapun silakan yang penting perhatikan poin 1 dan 2
4. Perhatikan poin 1-3 aja
5. Poin 5 hanya buat iseng aja kok hehehe

#HAPPYCODING