Post Terbaru
Loading...

Jumat, 15 April 2016

Menyelam Dalam Lautan PHP OOP (Object Oriented Programming)

in OOP
Pada kesempatan kali ini saya akan salah satu hal yang terpenting dalam pemrograman PHP yaitu tentang PHP OOP (Object Oriented Programming)


object oriented programming

Ok langsung aja, kawan-kawan mungkin sudah terbiasa coding PHP menggunakan cara penulisan prosedural atau menulis baris kode secara berurutan dari awal hingga akhir dan ini memang lebih mudah kita pahami dibandingkan konsep penulisan berbasis Objek atau biasa disebut Object Oriented Programming (OOP).

Lalu Apa Object Oriented Programming itu? 

Object Oriented Programming kalau di bahasa indonesia kan artinya Pemrograman Berbasis Objek, merupakan salah satu cara membuat program dengan cara membuat modul-modul sederhana yang disebut dengan objek. Yang mana dari setiap objek itu memiliki fungsi atau tugas masing-masing.

Sederhananya gini, OOP ini merupakan sebuah konsep dalam membuat program dengan cara memecah setiap permasalahan menjadi objek-objek tertentu dan dari objek tersebut akan saling berproses untuk menghasilkan sebuah hasil akhir.

Hubungan PHP dan OOP

Sebenarnya PHP bukan lah bahasa pemrograman yang murni berbasis OOP seperti java. di PHP sendiri konsep OOP baru ada pada PHP versi 4 yang kemudian di sempurnakan pada PHP versi 5. Jadi intinya konsep OOP ini merupakan hasil penambahan fitur PHP

Menurut duniailkom, Saat ini, pemrograman PHP berbasis OOP telah menjadi standar dunia untuk membuat aplikasi real world yang fleksibel, meskipun toh kita juga masih tetap bisa membuat aplikasi dengan konsep penulisan prosedural.

Kalau kawan-kawan memang serius dalam belajar pemrograman PHP, memahami penggunaan OOP sangat lah penting, karena rata-rata framework yang ada saat ini menggunakan konsep penulisan OOP, seperti : Codeigniter, Laravel, Yii ataupun Symfony pun menggunakan konsep penulisan OOP dalam membangun framework nya.

Jadi inti dari pembahasan di atas adalah, OOP tidak akan bisa lepas dengan PHP, begitu pun sebaliknya, meskipun mungkin memang sedikit ribet penggunaan nya tapi tidak dapat dipungkiri kalau kita pun harus mengikuti konsep ini dalam dunia pemrograman khususnya untuk PHP.

Semoga sedikit share ini bisa menambah sedikit pengetahuan kawan-kawan mengenai pemrograman OOP.

Silakan komen dengan memperhatikan aturan berikut
1. Komen relevan, sesuai dengan apa yang dibahas
2. Komen tidak mengandung unsur SARA
3. Mau promo apapun silakan yang penting perhatikan poin 1 dan 2
4. Perhatikan poin 1-3 aja
5. Poin 5 hanya buat iseng aja kok hehehe

#HAPPYCODING